Sabtu, 15 September 2012

:: Handknitting versus Machine Knitting ::



Merajut berasal dari kata rajut yang mendapat imbuhan me-. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahan pakaian yang disirat dengan menggunakan tangan ataupun mesin rajut. Jadi, kata merajut berarti membuat sebuah bahan pakaian yang disirat dengan menggunakan tangan ataupun mesin rajut. Pakaian yang bisa dan biasa dibuat dengan menggunakan bahan rajut adalah sweater, kaos kaki, baju, syal, topi, tas rajut, sandal rajut dan lain-lain.








Beberapa orang lebih menyukai rajutan yang dibuat dengan menggunakan tangan (handknitting) daripada rajutan yang menggunakan bantuan mesin (machine knitting).
Perbedaan antara handknitting dan machine knitiing selain alat bantu yang digunakan adalah dari segi kualitas, waktu pengerjaan, jumlah output yang dihasilkan dan harga. Kualitas produk yang menggunakan handknitting tergantung dari keahlian dan ketrampilan si pembuat. Proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, harganya menjadi lebih mahal. Lain halnya jika rajutan dibuat dengan menggunakan machine knitting. Dengan menggunakan machine tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena waktu yang dibutuhkan tidak lama maka hasil outputnya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan rajutan handknitting. Oleh karena itu, harga rajutan machine knitting lebih murah daripada harga handknitting. Walaupun begitu dengan alasan eksklusifitas, orang justru memilih rajutan handkniting walaupun harganya lebih mahal.




Machine knitting adalah merajut dengan menggunakan mesin. Mesin rajut dibuat untuk memudahkan orang dalam merajut. Merajut yang semula dikerjakan tangan akhirnya dapat lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan mesin. Ada dua jenis mesin rajut. Dua jenis mesin rajut adalah mesin rajut bundar dan mesin rajut datar. Mesin rajut bundar lebih cepat proses pengerjaanya dibandingkan mesin rajut data yang bergerak maju mundur. Kedua mesin ini sama-sama bisa menghasilkan produk yang lebih rapi. Machine knitting juga bisa digunakan untuk merajut benang yang halus. Handknitting dengan menggunakan benang yang halus hanya bisa dilakukan orang yang ahli dan terampil. Merajut dengan menggunakan mesin menurut Susan Guagliumi tetap harus membutuhkan ketrampilan si perajut untuk membuat produk yang bagus.

Susan Guagliumi adalah wanita asal Amerika Serikat yang selama lebih dari 25 tahun mendalami bidang machine knitting. Ia adalah seorang desainer, art garden desainer dan juga author. Buku hasil karya Guagliumi menjadi panduan dan rujukan bagi orang-orang yang ingin belajar tentang machine knitting. Beberapa bukunya antara lain adalah "Knitting Patterns : Hand and Machine", "Hand-Manipulated Stitches For Machine Knitters", "More Hand-Manipulated Stitches For Machine Knitters", "The Drafting Primer", "Knitting Cuff to Cuff" dan  "Knitting Saddle Style".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar